Minggu, 23 Mei 2010

Unhappiness on Holiday

Ehm, keliatan banget noraknya gua. Pake judul kayak gitu. Anyway, gua ngasih judul itu di postingan gua kali ini soalnya emang gua pengen cerita tentang jalan-jalan gua tadi pagi bareng anak-anak Kemala.

Mungkin lebih enak ceritanya kalo dimulai dari malam sebelumnya, waktu gua tampil di Final Plastic, sesuai janji gua kemaren.

Jadi malem minggu kemaren gua bareng anak-anak 7Scoop - komunitas sulap di kampus gua - diundang buat tampil jadi pengisi acara final festival akustik kampus. Awalnya bukan gua yg bakal nampil, karena udah ada orang laen yg direncanain buat tampil. Tapi karena 1 dan lain hal, maka gua juga diikutsertakan buat nampil. Padahal gua bukan tipikal stage magician, karena gua punya masalah dalam berkomunikasi 1 arah. Hal itu udah gua kasih tau ke temen-temen gua, tapi mereka ga mau tau. Alhasil gua pun terpaksa menerima tawaran [baca: paksaan] mereka.

Gua didaulat buat nampilin transfer soda, trik yg sama seperti yg udah gua tampilin di kelas [baca postingan sebelumnya]. Alasannya karena trik ini ga perlu latihan yg terlalu berlebihan. Cukup tau triknya aja pasti langsung bisa.

Sebenernya menurut gua transfer soda ini udah ga bisa dibilang sebagai salah satu trik sulap lagi. Karena udah banyak orang yg tau rahasianya. Tapi kata temen-temen gua itu ga masalah. Yang penting tampil!! Wtf...

Gua dateng ke Plasma - tempat acaranya berlangsung - jam 1/2 8. Waktu itu band pertama udah tampil. dan gua dikabari pihak panitia kalo gua tampil setelah band terakhir. Well, dari dulu gua selalu ga suka dengan kata 'terakhir'. Jujur, gua lebih seneng berada di tengah-tengah. Paling nggak kalo di tengah itu efek psikologisnya ga seberat kalo dibandingin sama yg terakhir.

Waktu tampil jujur gua agak sedikit grogi. Jadi omongan gua agak berantakan. Routine nya juga jadi sedikit kacau. Yang paling parah waktu gua nyuruh maju 2 orang penonton buat bantuin gua di atas panggung, 1 laki-laki sama 1 perempuan. Cowoknya sih udah ada yg pede banget langsung maju ke depan. Nah ceweknya itu yg jadi masalah. Sebenernya gua udah kunci target cewek yg bakal gua suruh maju. Tapi ternyata orangnya ga mau dan susah banget buat maju ke depan. Akhirnya gua nyerah. Gua ga berani maksa, soalnya tuh cewek agaknya dateng sama cowoknya. ga lucu aja kalo sampe terjadi pertumpahan darah di atas panggung. Masih mending kalo darah cowoknya yg tumpah. Masalahnya gua yakin yg terjadi pasti sebaliknya.

Akhirnya ada 1 orang mbak-mbak yg 'sedang-sedang saja' - kalo ga mau dibilang ancur - yg maju ke depan.

Gua : 'Mas namanya siapa?'
Mas-mas : 'Eko.'
Gua : 'kalo mbak?'
Mbak-mbak : 'Chintya.'
Gua : 'Oke, Mas Eko dan Mbak Chintya. Suka ngocok ga?'

Pas gua ngomong kayak gitu muka mreka langsung agak berubah. Jadi pada berseri-seri semua. Apalagi penonton juga jadi pada riuh semua. Pada seneng ngocok kali ya?

Gua : 'Oke Mas Eko, tolong kocok kaleng ini.'

Si Mas Eko langsung ngocok dan langsung ngebuka kalengnya. Hasilnya ya jelas aja muncrat.

Gua : 'Wah ternyata kocokan Mas Eko bisa mengakibatkan muncrat. Sekarang tolong Mbak Chintya yg ngocokin dong.'

Dari sini sekali lagi penonton pada riuh. Apalagi ngeliat cara si mbak-mbak megang botol yg 'agak beda'.

Setelah botolnya dikocok, gua langsung ngambil botol daro tangan si mbak dan langsung gua taro di atas kursi yg ada di panggung. Udah itu gua ngomong ama penonton.

Gua : 'Oke, sekarang kita liat hasilnya. Apakah Mbak Chintya berhasil mengocok dengan baik dan benar.'

Gua langsung nyuruh si mbak-mbak ntu buat ngebuka botolnya. Dan muncratnya kecil banget, padahal dia ngocoknya udah antusias.

Gua : 'Waduh, Mbak masih harus belajar lebih banyak lagi karena terbukti kocokan Mbak kurang memuaskan.'

Lagi-lagi penonton riuh.

Gua : 'Oke, sekarang giliran saya yg buka botol yg 1 lagi. Sebenernya botol Mbak tadi ga muncrat karena sodanya udah saya pindahin ke punya saya ini. Mari kita buktikan.'

Gua ngebuka botol gua dan hasilnya muncrat, crat, crat...

Gua : 'Yak, saya sudah membuktikan kalo ternyata saya tanpa ngocok pun bisa muncrat.'

Di sini kesalahan terbesar gua. Gua ga menyadari kalo omongan gua barusan udah menjatuhkan pamor gua. Seolah-olah gua ini orang yg cepet 'keluar' tanpa dikocok. Secara persepsi penonton udah pada ke arah situ semua. Damn!!

Udah cukup, gua males cerita itu lagi. Lanjut ke intinya, Jalan-jalan Kemala.

Jadi paginya, gua bangun jam 7, langsung buru-buru siap-siap buat berangkat. Gua bangunin si Indro, tapi rupanya dia ga ikut. Alasannya sakit. Klise, dasar males bangun aja dia tuh.

Selesai packing, gua nyelonong ke kosan Nukong, temen gua, yg letaknya di seberang kosan gua. Nih anak satu susah banget dibanguninnya. Minta ampun dah gua. Padahal pas gua masuk kamarnya, sebelum ngebangunin dia, alarm hapenya udah nyala kenceng banget. Dasar kebo nih orang, pikir gua.

Untungnya Nukong bisa kebangun juga.

Nukong : 'Ngapain lo, Ran?'

Pengen banget rasanya nyari palu buat ngetok pala dia. Secara gua udah bela-belain buat ngebangunin dia, eh dia malah nanya gua lagi ngapain. Padahal tadi malemnya dia sms gua minta dibangunin biar ga kesiangan. Ngehek dah nih orang. -______-"

Gua : 'Buru woy. Udah jam 7 lewat nih. Ikut jalan-jalan ga?'
Nukong : 'Kemana?'
Gua : 'Eh buset dah. Ya ke Waterboom lah. Emang mo kemana lagi?'
Nukong : 'Oh, iya ya? Yaudah bentar, gua beres-beres dulu.'
Gua : 'Yaudah buruan.'

Kelar nyiapin semuanya, gua ama Nukong langsung cabut ke bunderan air mancur di depan kampus. Di sana udah rame anak-anak yg laen. Mereka udah pada siap, tinggal nungguin kita berdua aja. Jadi ga enak dah kitanya.

Aakhirnya kita berangkat. Tujuannya Waterboom yg ada di Cikarang. Perhitungan gua nyampe ke sana cuma butuh waktu 1 jam, kalo ga NYASAR. Dasar dodol supirnya nyasar sampe Rawamangun. Wheww...

Jalan-jalan kali ini ga terlalu rame, menurut gua. Karena yg ikut ga sebanyak jalan-jalan taun lalu. Ditambah lagi taun ini ga nginep kayak taun lalu. Selain itu, panitia ga bikin acara khusus buat menyemarakkan suasana. Jadi semua pada sibuk masing-masing buat terjun dari perosotan. Terjunnya sih asik, tapi naek tangga buat nyampe ke perosotannya bikin betis bengkak. Tinggi banget!!

Selaen naek perosotan ada outbond-nya juga sih. Tapi petugasnya cuma dikit, jadi gua cuma nyobain flying fox doang. Yah, lumayan lah daripada ga sama sekali.

Akhirnya acara selesai, kita semua langsung balik. Dan sekali lagi si supir ngambil rute yang aneh. Setau gua, kalo lewat tol dari Cikarang mau ke Bintaro tinggal lurus aja. Tapi pak supirnya malah ngambil kanan, masuk tol dalam kota. Ini sama aja buang-buang waktu, karena masuk kota sama aja nyari macet. Kayaknya supirnya pengen ngambil jalur sesuai trayeknya, karena kita emang nyewa metromini jurusan Rempoa-Blok M.

Sesampainya di kampus, kita ga langsung pulang. Kita sempet poto-poto dulu di depan kampus, tepatnya depan air mancur. Selain itu ada pembacaan pemenang Kemala Awards, penghargaan yg sama sekali ga membuat pemenangnya merasa dihargai, kecuali buat nominasi terganteng mungkin. Gua sendiri menang di tiga nominasi yg sama sekali ga bikin gua senang atas kemenangan ini. Nominasinya yg pertama Kemala Paling Ngobau - Ngoceh Bau - yg berarti orang-orang pada ngerasa kalo gua ini suka banget ngemeng yg kagak jelas. Trus yg kedua Kemala Paling Mutu - Muka Tua -, gua rasa yg satu ini ga usah dijelasin. Yang terakhir Kemala Paling Suka Tepe-tepe, alias tebar pesona. Entah atas dasar apa orang-orang milih gua di kategori ini. Yang pasti ga usah ditebar juga pesona gua udah kemana-mana.

Khusus buat nominasi Muka Tua, gua sempet punya pengalaman ga enak pas di Waterboom tadi, waktu baru nyampe. Waktu itu perut gua mules, jadi gua ngelipir dari rombongan buat nyari toilet. Gua inget kalo gua belom ngasih setoran wajib pagi hari. Well, karena gua belom pegang tiket, jadi gua nyari toilet yg di luar area kolam. Buat nemuin toilet ini, gua nyamperin seorang petugas yg lagi nyapu.

Gua : 'Mas, numpang tanya. Toilet di sekitar sini dimana ya? Yang di luar kolam.'
Petugas : 'Oh, itu, di sana, Pak. Di samping kafe.'

Gua langsung gondok jadinya. Enak aja, tampilan gua ga ada bapak-bapaknya sama sekali. kenapa gua dipanggil 'PAK'? Apa jangan-jangan tuh orang pengen ngeledekin gua aja kali ya? Tapi ga mungkin. Emangnya dia kenal ama gua?

Yaahh, dari sini gua mulai mikir. Pantesan aja kalo ternyata orang-orang ga ada yg percaya tiap gua ngomong kalo gua lahir taun '93. Tampang gua ga mendukung.

-___________-"

Tidak ada komentar: