Sabtu, 25 Oktober 2008

7 (+1) Keajaiban Dunia

Ospek STAN has passed away...

Ospek STAN namanya Dinamika, singkatan dari Studi Perdana Memasuki Kampus. Ospeknya lumayan lama, 4 hari. Ditambah 1 hari pra-Dinamika. Fiuhh... Capek deh. Tapi seru juga. Apalagi pas penutupan. Seneng banget rasanya. Soalnya udah ga ada lagi tugas-tugas yang bikin gua gemuk karena begadang. Kenapa gemuk? Karena menurut penelitian yang udah diteliti sama peneliti yang kerjanya meneliti suatu objek yang diteliti seteliti mungkin, begadang ntu salah satu faktor penyebab kegemukan. Mungkin begadangnya sambil ngemil nasi padang kali ya? Hehehe..

Dinamika dimulai dari hari Selasa, 21 Oktober 2008, dan berakhir pada hari Jumat, 24 Oktober. Banyak pengalaman melelahkan selama 4 hari itu. Kebanyakan sih pengalaman yang bikin capek + ngantuk. Karena selama 4 hari gua mesti begadang ngerjain tugas bareng temen-temen 1 kelompok, mulai dari hari Senin, tanggal 20 Oktober, sampe hari Jumat, tanggal 24 Oktober. Tugasnya macem-macem, mulai dari buat mading, buat koran, buat orasi, buat makalah, dan buat masalah. Dalam sehari, minimal ada enam tugas. Gimana nggak capek coba? Waktu tidur berkurang drastis, dari yang bisanya 21 jam sehari (buset.. ni orang apa kebo?), jadi cuman 3 jam sehari.

Sebenernya, inti dari Dinamika ntu adalah penanaman sikap disiplin, cinta tanah air, dan juga cinta tanah warisan. Ngomongin tentang cinta tanah air, kemarin gua sempet buka new7wonders.com dan sempet ngasih suara gua buat tujuh keajaiban alam di dunia. Dari Asia, gua pilih Bukit Timah dari Singapur, Pulau Komodo dari Indonesia, Gunung Krakatau dari Indonesia, dan Pulau Sipadan dari Malaysia. Nah, yang terakhir ini mungkin lo pernah tau or pernah denger. Pulau ini sebelum taun 2003 masih jadi rebutan antara Indonesia-Malaysia. Kenapa gua milih Pulau Sipadan? Karena menurut gua pulau ini adalah milik Malaysia. Itu bener-bener ajaib! Kok bisa gitu...

Bicara tentang keajaiban dunia, mungkin perlu ada 1 nominasi lagi. Yaitu gua. Kenapa gua? Apa ajaibnya gua? Keajaiban gua adalah bisa keterima di STAN. Mungkin buat lo masuk STAN ntu ga ada yang aneh. Justru yang aneh adalah, kok gua bisa masuk STAN! Padahal waktu tes dulu, ada tiga kebiasaan buruk yang pasti terjadi kalo gua udah megang LJK (Lembar Jawaban Komputer).

Yang pertama adalah ngences. Ini ga pernah bisa dihindari. Dari dulu gua pasti ngences kalo udah ngeliat soal-soal yang bikin puyeng ntu. Sejak SMP. Waktu ntu, gua masih 'agak' pinter. Iler gua netes bukan karena gua ngences, akibat dari pusing liat soal. Iler gua netes karena gua bersin. Kenapa bisa bersin? Karena waktu ntu ga sengaja idung gua kemasukan pensil. Dan sejak itu, lubang idung gua gede sebelah. Nah, pas baru pas SMA gua suka bingung sendiri kalo liat soal-soal. Kayak waktu ikut try out yang diadain Himala UI. Gua bingung sendiri liat hurup-hurup aneh berserakan di kertas soal. Gua rasa itu salah cetak. Ga taunya beneran. Ga salah cetak. Memang hurupnya keriting. Karena bingung, gua pun bengong. Karena bengong, gua pun mangap. Karena mangap, iler gua yang agresif kayak pemiliknya pun ngintip keluar. Karena ga pegangan, sang iler pun terjatuh. Dan sejak itulah, iler gua selalu netes setiap kali baca soal yang gua ga ngerti. Karena ga ada yang gua ngerti, maka iler gua pun selalu netes. Termasuk saat ngerjain soal-soal UN. Yang paling basah waktu ntu LJK pas ujian Fisika. Dan pas USM STAN, ada tiga tetes iler yang mengukir indah seperti sebuah pulau di LJK gua. Karena panik, gua pun mengibaskan tangan untuk mengipasnya, supaya cepet kering.

Yang kedua adalah meremas LJK. Kebiasaan ini ga ada hubungannya ama meremas yang ada di otak lo. Kalo yang ini biasanya ga sengaja gua lakuin. Karena gua ini pada dasarnya ga bisa diem. Dulu pernah waktu lagi upacara gua berdiri tenang, ga bergerak. Hasilnya gua pingsan sebelum upacaranya selesai. Dan karena gua ga ingin pingsan pas lagi ngikutin USM STAN, maka gua pun bergerak terus. Tapi gua bingung, gimana caranya bergerak dengan baik dan benar. Pengen monda-mandir, takut kena tabok sama pengawas. Pengen goyangin kaki, tapi berisik kata orang yang ujian di sebelah gua. Gua pun berpikir keras, sampe kejang-kejang. Pas lagi berpikir itulah, secara refleks tangan gua bergerak spontan meremas kertas ujian tersebut. Sontak gua pun kaget. LJK-nya langsung gua tiup-tiup. Tapi gua sadar, kalo itu adalah hal yang bego sekali. Mana mungkin bisa bagus lagi kertasnya kalo ditiup-tiup.

Yang ketiga adalah LJK gua kotor abiss. Karena gua ngapusnya ga pake penghapus, melainkan pake karet yang gua gulung-gulung. Soalnya duitnya sayang kalo dipake buat beli penghapus. Mendingan buat beli nasi padang. Antara LJK sama otak gua ga ada bedanya. Sama-sama kotor.

Itulah, dunia memang ajaib. Karena ajaibnya itulah, gua bisa kuliah di STAN. Semoga DO tidak pernah datang menghampiri. Amiinnn...

Tidak ada komentar: