Rabu, 08 Oktober 2008

Kualitas

Waktu SD, agama merupakan hal yang paling mendasari kehidupan gua. Intinya, masalah agama adalah hal yang menyangkut idealisme. Walaupun sampe sekarang gua ga tau apaan idealisme itu. Kalo menurut persepsi gua, idealisme itu merupakan ide yang keluar sehingga alis kita terangkat naik-turun kayak....(sensor).

Pas SMP, hal tersebut (idealisme gua) berubah lagi menjadi pendidikan. Segala sesuatu gua lihat dari sisi edukasinya. Bermanfaat buat gua apa nggak.

Nah, ketika SMA, idealisme tersebut berubah lagi menjadi pergaulan. Buat gua, pergaulan adalah hal yang prioritas bagi gua. Semakin luas pergaulan, akan membuat diri gua menjadi lebih berkualitas.

Opini itu saat itu masih gua pertanyakan. Apa iya, sih?? Gua sendiri yang buat pernyatan ntu masih ragu. Salah satu hasil dari idealisme gua pas SMA adalah seperti cerita berikut ini.

Jreng..jreng...

Waktu ntu gua masih kelas 1 SMA (sekarang kelas X, waktu ntu namanya kelas X juga sih). Tiap hari jumat sekolah gua, ga usah gua sebut namanya, sebut aja SMA X, ngadain acara solat jumat berjamaah. Tadinya mo ngadain acara jumpa fans bareng Gita Gutawa, tapi Gita Gutawa nya malu, akhirnya diganti jadi solat jumat berjamah. Semua siswa yang beragama Islam wajib ikut solat, kecuali kalo sakit, kalo ga ntu lagi sakit, atau pindah agama, hehehe. Nah, temen-temen gua suka pada males solat di sana. Berhubung idealisme gua menyangkut masalah pergaulan yang otomatis bakal nyentuh masalah pergaulan, so pasti gua juga ikut-ikutan males solat.

Alasannya jelas, gua ga pengen gara-gara ikut solat, persahabatan menjadi rusak. Bukankah menjaga tali persahabatan itu merupakan ibadah? Oke..oke! Gua ngaku, selain alesan ntu, gua juga ga mau kehilangan tebengan. Secara rumah gua ntu jauh dari sekolah. Lebih jauh daripada rumahnya Pak Marsono yang jaga sekolahan. Yaeyalah..!! Secara rumah dia kan di sekolah ntu juga. Hehehe.

Jam di arloji yang menempel di tangan temen gua menunjukkan pukul 7.00. Secara arlojinya mati gara-gara kebanting pas dia lagi ngebanting jamnya (kurang kerjaan banget tuh orang..!!).

Kalo jam dinding sekolah nunjukin pukul 11.59. 1 menit lagi jam 12. Akhirnya jam menunjukkan pukul 12.00. Kita semua niup terompet. Ada yang ngidupin kembang api. Ada yang teriak 'hepi nu yier!!'. Ada juga yang nyanyiin lagu Auld Lang Syne. Uuppsss!! Sori! Ketuker ama momen taun baru. Lanjut lagi ceritanya.

Sekitar pukul 12.00 adzan berkumandang dari masjid mini (kalo ga mo dibilang musholla) yang tertletak di bagian depan. Yang jadi muazzin (orang yang mengumandangkan adzan) adalah siswa sekolah. Memang ga merdu-merdu amat. Tapi masih lebih baik daripada suara penyanyi grup Kungpaw Chicken. Udah ga merdu, isinya juga mengundang orang beramai-ramai untuk mengandung. Hehehe..

Oke. Lanjut!!

Gua udah berniat untuk kabur. Tapi gua termasuk dari sedikit orang yang sial terjaring razia PEKAT alias PEnyaKit minggAt solaT. Gua ditarik sama guru gua, untuk menjaga privasinya, namanya gua samarin menjadi Bu Nidiamar. Ibu ini ngajar mata pelajaran Agama Islam. Terus gua diinterogasi sama ibu ntu.

si Ibu : "Mau kemana kamu?"
si Tampan : "Mau pulang, Bu."
si Ibu : "Ga bisa! Solat dulu!"
si Tampan : (speechless)

Ibu ntu langsung nyeret gua ke arah masjid. Sampai di depan pintu masjid, ibu ntu ngelempar gua ke dalem, tapi ga berhasil. Gagal ngelempar gua, akhirnya dia ngedorong gua aja ke dalem. Gua langsung duduk sambil kesel. Gua liat keluar, ternyata temen-temen gua pada berhasil keluar dengan sukses, ada juga yang sambil melambaikan tangannya kayak penari hula-hula ke arah gua.

Beberapa menit setelah kejadian yang ga enak dimakan itu, si ibu guru balik lagi. Dia manggil gua. Ternyata dia nyuruh gua ambil wudhu'. Dia inget kalo gua belon ambil wudhu'. Gua pun melangkah gontai ke arah tempat wudhu'. Tiba-tiba terdengar bunyi yang aneh.

Dhuuuddd!!!

Bukan..itu bukan bunyi kentut gua. Itu bunyi geledeg. Gua juga ga tau kenapa bunyinya kayak gitu. Mungkin geledegnya belon makan dari pagi. Jadi masuk angin dah dianya.

Mendengar hal itu gua langsung ngeliat keluar. Ternyata cuaca mendung pertanda akan hujan. Sekejap kemudian gua langsung jalan keluar dari masjid menuju pintu gerbang sekolah. Ibu Nidiamar ngeliatin gua dan langsung manggil-manggil nama gua. Gua pun menoleh ke belakang. Ternyata ibu ntu setengah berlari menuju ke arah gua.

si Ibu : "Mau kemana kamu?"
si Tampan : "Mau pulang, Bu."
si Ibu : "Kan sudah bu bilang. Solat dulu, baru boleh pulang."
si Tampan : "Abisnya mo ujan, Bu!"
si Ibu : "Memangnya kenapa kalo mau hujan?"
si Tampan : "Ibu ga pernah baca Al Quran ya?"
si Ibu : (kaget)"Kok kamu ngomong kayak gitu? Ya pernah dong. Ibu malah tiap hari baca Al Quran."
si Tampan : "Kalo gitu harusnya ibu tau dong kenapa saya pulang."
si Ibu : "Nggak tau."
si Tampan : "Duh, ibu ini gimana sih? Kan di Al Quran dijelasin kalo solat Jumat itu wajib bagi setiap muslim laki-laki. Bener kan, bu?"
si Ibu : "Iya, makanya itu kmu ga boleh pulang dulu. Nanti kamu ketinggalan solat jumat nya."
si Tampan : "Duh, emangnya ibu ga pernah baca apa? Kan dijelasin kalo salah satu hal yang membolehkan kita untuk ga solat jumat adalah karena hujan? Nah, makanya saya mo pulang. Soalnya bentar lagi ujan. Jadinya ga apa-apa kalo saya ga solat."

Setelah ngucapin kalimat terakhir itu, gua kena tabok sama ibu ntu. Udah ntu, gua tetep diseret ke masjid buat ngikutin solat jumat.

Semenjak itulah, keluar pertanyaan akan opini yang udah gua sebutin tadi. Apa iya udah jadi lebih berkualitas??

Tidak ada komentar: