Jumat, 10 Oktober 2008

An Accident On A Freaky Friday...

Inilah susahnya kalo ga punya komputer. Mau posting blog aja mesti numpang di warnet. Pas mo pulang dihadang-hadang sama yang jaga. Apa tuh namanya? Operator kalo ga salah ya? Disuruh bayar dulu, baru boleh pulang. Padahal kan udah gua tekankan, kalo gua ntu mau numpang, bukannya nyewa. Belom lagi pas di parkiran dihadang lagi sama tukang parkirnya. Ditambah lagi tulisan gua dijamin banyak yang acak-acakan, secara keyboard di warnet ntu udah ga beres. Bekas dipake banyak tangan. Jadi, harap maklum yaa.

Sejujurnya, gua kenal ama yang namanya blog ntu baru dua taun. Cuman mulai nekat nulis blog baru sekitar 2 bulan ini. Hal ini dikarenakan itu tadi, ga ada komputer. Ada komputer juga kayaknya percuma. Sambungannya ga ada. Mo pake telkomnet tapi teleponnya diblokir. Mo pake speedy tapi ga kuat bayarnya. Kalo mo pake yang gratis bisa aja, tinggal cari hotspot aja. Tapi apa iya, gua mesti ngegotong komputer yang gedenya naujubilah (komputer gua masih pentium 2) ke tempat yang ada fasilitas gituannya? Berat banget. Mo pake laptop? Laptopnya ga ada. Mungkin satu-satunya pilihan ntu pake hape. Tapi masalah utama terletak pada pulsa. Pulsa gua dijatah 25 ribu sebulan. Itu sih mana cukup. Buat smsan aja kurang.

Oke, lanjut deh. Sekarang gua mo nyeritain pengalaman gua pas SMA, masih pas kelas 1 (sekarang kelas X, dan waktu itu juga kelas X). Gua lagi seneng-senengnya pinjem motor temen gua. What for? Buat dipotong, terus dibuat tongseng. Jayus lo! Ya buat dibawa muter-muter dong. Bukan..bukan muter-muter di tempat. Itu contoh pengendara motor yang tidak berperikemotoran. Kenapa motor temen? Soalnya gua belom punya motor. Kenapa belom punya motor? Soalnya gua belom beli. Kenapa ga beli? Ihh, mo tau aja deh.

Oke, lanjut! Motor yang sering gua pake ntu punya temen gua, si Ricky Darmawan alias Ricky alias Cangcorang alias Cangco alias Dul Joni alias Dije. Motornya Honda Supra Fit taun 2004. Memang, dia ga rela gua sering make motor dia. Terus kenapa? Ada masalah? Nggak kan?

Kesenengan gua ini bermula dari ajakan si Ricky ke gua untuk belajar bawa motor. Gua emang ga bisa bawa motor. Jadi dia ngajak gua buat belajar bawa motor dia. Gua sih seneng aja. Dan dia kayaknya fine-fine aja.

Sampe sini belom ada masalah. Masalahnya baru muncul pas masalahnya dateng. Saat itu hari jumat. gua mo minjem motor Ricky buat pulang ngambil baju buat latihan basket sorenya. Soalnya hari itu abis solat jumat gua ada jam tambahan buat ngambil nilai tadarus. Awalnya si Ricky ragu. Gua pun nyari akal. Tapi akalnya ga ketemu. Seperti kata pepatah, tak ada akal rotan pun jadi. Akhirnya gua nyari rotan. Tapi ga ketemu juga, akhirnya gua nyerah. Tiba-tiba Rizky, eh, Rizki (bedain ama Rizky dan Ricky), temen gua yang laen nyamperin gua. Dia nanya ke gua, apakah gua seorang gay? Eh, bukan..bukan itu. Dia nanya, apakah gua mo minjem motornya Ricky. Gua bilang aja iya, walaupun sebenernya kemungkinan besar ga bakal jadi minjem. Berikut petikan dialognya.

Rizki : "Ran, lo mo minjem motor Cangco ya?"
Gua : "Iya. Napa?"
Rizki : "Bareng gua yok. Gua juga mo minjem motor dia. Nti gua tambahin buat bensin dah."
Gua : "Yaudah, ngomong aja ama cangconya."
Rizki : "Sip."

Setelah beberapa saat, si Rizki balik ke gua. Dia ngasih tau kalo semuanya lancar. Otomatis gua girang banget. Gua langsung nyari berondong, biar tambah girang kayak tante-tante. Hehehe.

Oke, skip...

Pulang sekolah, it's the time! Hohoho. Gua minta ama Rizki biar gua aja yang bawa motornya. Rizki yang belom liat curriculum vitae gua dalam mengendarai motor ngerasa oke-oke aja tanpa ngerasa ada yang salah. Akhirnya gua starter motornya. Dan kegoblokan pertama gua keluar. Gua salah mencet tombol. Sekedar informasi ga penting, tombol starter itu ada di kanan. Tapi yang gua pencet tombolnya di sebelah kiri. Warnanya juga kuning, kayak tombol starter. Tapi ada tulisan horn. Udah ngerti? Yupz, tombol klakson.

Gua : (mencet tombol)
Motor : "Shh...ahhh..shhh.. uh yess..oh..no!!!"

Ternyata gua salah. Ternyata tulisan di tombolnya bukan horn, tapi horny. Hehehe...

Rizki : "Ran, lepasin tombolnya! Berisik tau!"
Gua : "Iye, iye. Gua cuman ngetes aja, masih oke ga klaksonnya. Bahaya kan kalo mati."

Oke, oke. Gua ngeles biar ga keliatan bego. Padahal ga usah diliatin juga orang-orang udah tau.

Rizki : "Ooo..."
Gua : "Oke, cabut!"

Motor pun akhirnya berhasil gua idupin. Tapi di sini ada satu lagi kegoblokan gua. Gua bukannya mindahin persneling, malah nginjek rem. Secara gua masih kagok ngebedain pijakan rem ama persneling. Kontan aja motornya ga jalan.

"Ayo, Ran! Jalan dong." kata Rizki.

"Iya, sabar." gua masih nyantai aja.

Setelah gua insaf nginjekin rem, gua pun masukin persneling. Dan motor pun mulai jalan dengan ngaco.

Pas di pertigaan Perintis Kemerdekaan, gua ngambil kiri. Sayangnya gua masih terobsesi sama Valentino Rossi. Gua pun ngambilnya agak jauh, sambil miring gaya Rossi. Otomatis, gua ngambil jalan orang. Ga taunya, dari kiri ada truk fuso. Rizki langsung teriak.

Rizki : "Ran! Awas!! Ada puso!"
Gua : "Iye. Tenang aja!"
Truk Fuso : "Tooooonnnnnnn."
Supir truk : "Woy. Gila! Bisa bawa motor ga?"
Gua : "Bisa kok om! Tenang aja! Kalo puso baru deh ane kagak bisa!!"

Tiba-tiba dari balik truk muncul motor. Gua hampir nabrak ntu motor, kalo gua ga sigap menghindari tabrakan.

"Ran, udah. Gua aja yang bawa!" kata Rizki panik.

"Udah, lo nyantai aja." kata gua mencoba menenangkan diri. Padahal jantung gua udah gak keruan detaknya.

Setelah itu, gua udah agak mendingan bawa motornya. Dan tibalah gua di rumah gua tercinta. Selanjutnya kita pergi ke tujuan berikutnya.

"Ran, gua aja yang bawa motornya." kata Rizki harap-harap cemas.

"Udah, nyantai aja. Ini kan hari jumat." kata gua ga nyambung.

"Yaudah deh. Kita ke LIA ya, gua mo bayar les." kata Rizki. Anyway, gua lupa tujuan dia itu LIA apa bukan. Yang pasti tempat les bahasa Inggris.

"Sip." jawab gue.

Motor pun melaju dengan sangat tidak laju. Udah gua gas pol tetep aja gua liat jarum speedometernya di angka 20 km/jam. Gua pun sadar. Ternyata speedometernya rusak. Gua ga sadar kalo kecepatan gua waktu itu hampir melebihi batas kecepatan di jalan tol. Padahal motor kan ga boleh ada di jalan tol. Dan memang waktu itu gua lagi gak di jalan tol. Tapi emang udah serasa di jalan tol! Haaarrgghhhh!!!

"Raaannn!! Liat jalan!" teriak Rizki.

"Iya!" jawab gua.

Sampai akhirnya gua menemukan sebuah situasi yang tepat untuk nabrakin motornya ke motor orang. Sebenernya ga seberapa sukses. Soalnya gua cuman nyenggol stang motornya aja. Kalo kata orang-orang kecelakaan. Waktu itu pukul 11.40. Dan itu sama sekali ga penting! Yang penting adalah, rasanya waktu itu sakit banget. Eh, itu juga ga penting ding! Yang penting adalah, gua ga sadar kalo waktu itu motornya nabrak, eh, nyenggol! Tiba-tiba gua udah nge-gusruk di tanah. Btw, nge-gusruk ntu apa ya? Apakah itu merupakan semacam kegiatan Satpol PP? Bukan, itu mah nge-gusur. Nge-gusruk itu artinya apa ya? Coba lo cari aja sendiri di KBBU - Kamus Besar Bahasa Uganda. Gua yakin pasti ga ketemu artinya. Soalnya itu bukan bahasa Uganda. Lebih kedengeran kayak bahasa Betawi dah.

Sesaat setelah tabrakan, dunia serasa terbalik. Yang jelek jadi ganteng. Yang ganteng jadi jelek. Dan gua jadi kesakitan. Orang-orang pun mengerumuni gua. Mungkin mereka ngira saat itu lagi ada pertunjukan topeng monyet di tengah jalan. Mereka ngeliatin gua. Ada yang teriak-teriak "mati ga?". Buset dah tuh orang. Kayaknya seneng kalo gua mati. Terus ada bapak-bapak baek hati yang nolongin ngangkat gua. Dia ngegotong gua ke pinggir.

Bapak-bapak yang baek hati (BBYBH) : "Sakit, dik?"
Gua : "Iya, Pak."
BBYBH : "Yaudah, minum dulu kamu."

Gua pun minum aer putih dari Bapak itu. Gua ga curiga apa-apa sama Bapak itu. Secara gua ga punya apa-apa. Motor itu bukan punya gua.

"Temen saya mana, Pak?" gua nanya si Rizki.

"Itu, udah ditolongin, kok." jawab bapak itu.

"Yaudah, ke sana aja yuk, Pak." ajak gua.

"Ayo. Sini dibantu. Bisa berdiri ga?" tawar bapak itu.

"Iya, Pak. Makasih." jawab gua.

Sampe di tempatnya Rizki, gua ngedenger ada ribut-ribut. Rupanya Rizki lagi dimarahin sama mas-mas.

Mas-mas : "Makanya, kamu hati-hati dong kalo bawa motor."
Rizki : "I..ii..iya mas. Tapi.."
Mas-mas : "Yee, kamu dikasih tau masih pengen ngebantah juga ya?"
Rizki : "E...eng...enggak mas."

Gua pun langsung menghampiri Rizki.

Gua : "Ki, sejak kapan lo gagap?"
Rizki : "Anjrit lo. Bantuin gua dong!"
Gua : "Oke. Asal pas aja ongkosnya."
Rizki : "Tai, lo."

Oke, oke. Dialog yang di atas gua ngarang. Yang sebenernya itu kayak gini nih :

Gua : "Ki, napa lo?"
Rizki : "Bantuin gua, Ran. Masa gua dituduh yang bawa motornya."
Gua : "Tapi , lo tadi memang pengen bawa motor kan?"
Rizki : "Iya, tapi kan elo yang bawa motornya."
Gua : "Oke. Jadi gini Bapak-bapak. Sebenernya saya bukan gay. Dan saya tidak sedang mencintai kawan saya ini. Sumpah!"

Rizki langsung nabok gua dengan napsunya.

Gua : "Eh, iya. sori. Jadi sebenernya yang bawa motor tadi itu saya. Saya mo minta maap. Mana orang yang saya tabrak tadi?"
Mas-mas : "Eh, iya. Mana yang ditabrak?"

Akhirnya muncul masalah baru. Yang jadi korbannya ga ketemu. Ini bukan kasus tabrak lari, melainkan ditabrak lari. Habis ditabrak langsung lari. Takut ditabrak lagi mungkin.

Ga taunya, orang yang gua tabrak tiba-tiba merangkak dari got - bahasa kerennya selokan - di seberang jalan. Persis banget kayak vampir. Orang-orang langsung nololin dia. Eh, bukan. Maksudnya orang-orang langsung pada nolongin dia. Kasian dong, udah ditabrak terus dimaki-maki. Hehehe.

Orang yang gua tabrak pun akhirnya berhasil diselamatkan. Dia pun dihadapkan sama gua. Tapi orang itu malah marah-marah ke Rizki. Dia juga ngiranya si Rizki yang bawa motor. Sampe sini pasti lo ga bertanya-tanya kenapa si Rizki terus yang disalahin. Tapi tetep gua jelasin. Sebabnya adalah...karena badan gua yang mini, dengan tinggi cuman 155 cm, dan badan Rizki yang tinggi, sekitar 180-an cm. Jadi orang-orang nyangkanya si Rizki itu kakak gua. Dan gua dianggep adeknya, yang belom bisa bawa motor.

Orang yang gua tabrak (OYGT) : "Gimana sih lo. Bego banget!"
Rizki : "Ampun, Bang. Tapi bukan saya yang bawa motor."
OYGT : "Jadi sapa? Adek lo ini? Wah, ga bener ini! Masa lo nyuruh adek lo yang bawa?"
Gua : "Iya, Mas. Saya yang bawa motornya. Saya bukan adeknya dia. Dan saya bukan pacarnya juga. Saya temennya. Inget!! Tee...meennn...nyaaa!!"
OYGT : "Yaudah. Bodo amat lo siapanya dia. Tapi lo mesti tanggung jawab dong."

Akhirnya, kita bertiga pergi ke rumah si korban. Rumahnya jauh, di daerah Jatimulyo. Kita ke sana dianterin temen gua yang kebetulan lewat sana. Namanya Sandi. Akhirnya gua benerin juga dah tuh motor. Motornya Cangco juga gua benerin. Tapi hal ini menyebabkan sindrom gapunyaduit gua kumat.

What a day!!

Yah, buat elo-elo yang lagi belajar bawa motor, gua saranin jangan nekat. Masih untung kalo motornya enggak apa-apa. Elonya juga ding! Hehehe. Kalo terjadi hal-hal yang gawat gimana?

Astaghfirullah.

Tidak ada komentar: